How do you see yourself in 3 years? (Part 1)

“Dance like a pro and able to go abroad!”

That’s it! That’s the answer.. Hehe nggak deng. Well, sebenernya ada banyaaaak banget hal yang mau gue capai dalam waktu 3 tahun. Tapi, kelihatannya harus gue bagi-bagi ya post-nya. Kalau nggak, belum kelar dibaca, blog gue udah di close orang….

Anyway,

For those who knows me really well, you must have guessed it already! Yes! I really love to dance! Especially traditional dance. Why? Mungkin karena nggak semua orang bisa nari tradisional (dan gue diberi bakat ini, thus I’m very grateful for it) dan nggak semua orang mau nari tradisional. Tapi, bukan berarti gue jadi anti sama yang namanya tarian Hip Hop, Ballet, atau Jazz yaa. Gue juga tertarik, tapi lebih mau buat menggali kemampuan nari tradisional. Udah gitu, kostumnya lucu-lucu lagi. Warna warni heboh terus….ah gemes deh pokoknya!

Nah, salah satu KPI (tsaelah KPI..) gue adalah bisa kembali nari tradisional dan membawa nama Indonesia ke luar negeri. Dulu waktu tahun 2011, gue pernah nari ke Thailand dalam rangka ulang tahun Ratu Sirikit. Di sana, gue dikasih kesempatan buat mempromosikan kebudayaan Indonesia lewat tarian. Dari Indonesia, yang berangkat adalah tim dari UMN (Universitas Multimedia Nusantara), tepatnya dari UKM Tracce dan dibawa oleh CIOFF. Itu adalah pertama kalinya gue ngerasain yang namanya bangga dan puas banget bisa mengharumkan nama negara sendiri.

Dari yang berangkat, tim kami dibagi jadi 3 bagian, yaitu ada 2 tim penari dan 1 tim lagi adalah pemusik. Masing-masing tim penari, dikasih jatah buat menampilkan 3 macam tarian + 1 tarian yang semua penarinya terlibat. Tim 1 kebagian buat nari Tifa, Salama, dan Glipang. Sementara tim yang satu lagi, kebagian buat nari Nandak Ganjen, Piring, dan Lontar. Terus yang bareng-bareng tari apa? Kalau tarian yang semua harus ikut itu adalah Tari Saman (buat yang pernah nari Saman, pasti tahu kalau semakin ramai justru semakin seru, ya kan?). Gue masuk ke tim yang kedua dan seperti yang gue bilang, kostumnya beneran warna-warni banget (buat yang tarian Betawi yaa…)!

338985_10150277458521087_76880_o

Tari Saman (Photo by Nath Chaovalit)

331386_2818224097750_1198198879_o

Tari Nandak Ganjen (Photo by Anton Rex Montol)

334653_10150427904658438_4036390_o

Tari Glipang (Photo by Supot Yuadyingyong)

335457_10150427899613438_7764550_o

Tari Piring (Photo by Supot Yuadyingyong)

Anyway, bisa dibilang berangkatnya gue ke Thailand waktu itu adalah kali pertama dan terakhir kali gue nari tradisional di luar negeri. Sisanya? Yaaa paling cuma di Jakarta aja. That’s why, gue pengeeeeeen banget nari lagi dan bisa pergi-pergi ke luar negeri kayak dulu.

Nah, kalau misalkan ditanya, “Kalau dikasih kesempatan buat nari lagi, maunya belajar tarian apa?” Jawabannya adalah:

1. Bajidor Kahot

2. Kipas

3. Lenggang Nyai

4. Bubuka

5. Zapin

6. Rapai Geleng

7. Merak

8. Cendrawasih

9. Gambyong

10. Serimpi

dan yang terakhir

11. Bedhaya Ketawang (buat yang nggak tahu Bedhaya Ketawang, silahkan dilihat di sini yaa :D)

Lho lho lho, kok banyak? Yaaa gitu deehh hehehe.. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, KPI menari ini bisa terlaksana tahap demi tahap ya gaeess. Walaupun dari sekian banyak tarian tradisional yang gue sebutkan di atas tidak sempat tercapai, seenggaknya tetap berkesempatan buat belajar tarian Bedhaya Ketawang supaya bisa melestarikan budaya yang hampir terlupakan (Amiinnn…).

Oke deh, kayaknya tulisan hari ini segitu dulu aja. Kalau kira-kira ada yang punya usulan tarian menarik lain, boleh lho langsung di sebutkan saja di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih ya sudah meluangkan waktu untuk membaca 🙂

Leave a Reply

